Kritik Ulama Mengantar Ke Penjara

Sebenarnya sebuah kritik adalah untuk membangun dan membenahi agar tertata dengan baik.Seorang ulama yang mempunyai pemahaman luas dirinya tidak mempunyai pemikiran buruk terhadap pemerintah.Dirinya boleh mengkritik pemerintah tapi kritikannya harus membangun bukan kritik yang menimbulkan gejolak tidak baik atau melecehkan pemerintahan.

Bilamana seorang ulama mempunyai pemikiran ada kriminalisasi terhadap ulama sebenarnya sangat keliru karena pemikiran itu bisa menimbulkan dampak tidak baik di tengah masyarakat.Sebagai seorang ulama seharusnya memberikan contoh yang baik pada umat sehingga umat mampu mengenal keluasan dalam berfikir.

Ulama mempunyai kewajiban membenahi umat yang di anggap tidak baik dengan jalan yang baik agar umat bisa paham di atas kekeliruannya.Ulama harus mengajarkan umat sampai tingkatan ma,rifat agar umat tau dan kenal tuhan sehingga dalam diri umat tidak ada kegelapan yang menyelimuti.

Namun sangat di sayangkan para ulama kebanyakan mengajarkan pada umat hanya sebatas syare,at di saat umat di tanya hakekat dan ma,rifat tidak tau dan tidak paham.Umat akan percaya pada ulama kalau hanya tingkatkan syareat bisa kenal dan dekat dengan tuhan namun aslinya masih jauh.Pernahkah para ulama memikirkan itu?

Berkurangnya pelajaran untuk mengenal islam yang sesungguhnya sering menimbulkan gejolak-gejolak tidak baik karena saling klaim dirinya sudah benar dan sudah mempelajari islam sampai ke sarinya.Pemikiran-pemikiran yang sempit membuat diri beranggapan selalu benar dan menjalankan perintah ALLAH dengan baik.Padahal yang di pelajari baru sebatas dasar.

Belajarlah mengkaji diri agar diri lebih baik dan sadar akan kekurangan diri.Janganlah beranggapan saja kalau diri sudah dekat dengan ALLAH dan menjalankan semua perintahnya.Mari kita belajar bersama dan saling mengingatkan bila dalam diri mempunyai pemikiran ada saudara yang keliru.

                       Tak Pernah Bercermin

Komentar

Tak Pernah Bercermin

Satu Orang Ingin Menantang Lima Ustadz Dan Dua Ustadzah

Imam Besar Umat Muslim

Pembodohan Atau Kebodohan