Ulama Adalah Contoh Bagi Umat

Dalam dunia islam ulama adalah pemimpin umat yang harus memberikan contoh yang baik pada umat.Bilamana ulama tidak bisa memberikan contoh yang baik buat umat lantas bagaimana prilaku umat itu?Bila ada umat yang melenceng perlu di tanyakan pada ulama apa yang menjadi penyebabnya.

Baik dan buruknya umat islam tergantung bagaimana para ulama memberikan pengarahan atau pemahaman pada umat.Ulama harus bisa membenahi akhlak umat yang di anggapnya salah dengan cara merangkul dan memberikan pemahaman serta bukti akan kebesaran tuhan yang bisa di rasakan umat dan mampu merobahkan kehidupan umat.

Seorang ulama harus bertanya pada ALLAH tiap personal yang menyangkut agama agar dirinya tidak mudah memvonis seseorang bersalah yang berakibat ketidakadilan pada sesama.Keputusan ulama bukan keputusan allah!!!Apa yang di anggap salah oleh ulama belum tentulah oleh allah salah dan juga sebaliknya.

Para ulama harus harus paham apa itu syareat,hakekat dan ma,rifat agar dirinya tidak bingung mengenai persoalan agama.Bilamana ulama memahami ke tiganya itu saya sangat yakin mereka tidak akan gegabah dalam mengambil tindakan  tiap personal yang menyangkut agama.

Seringkali kulihat atau ku dengar tiap para ulama berdakwah kadang tak sesuai dengan yang di contohkan Nabi MUHAMMAD S.A.W sehingga dalam cerita kadang menyalahkan agama lain,suku,ras atau golongan yang menimbulkan gejolak tidak baik dalam masyarakat.

Bilamana para ulama dalam berdakwah seperti yang di contohkan Nabi besar MUHAMMAD S.A.W saya sangat yakin tidak ada agama lain,suku,ras atau golongan merasa tersinggung.Bila seorang ulama menganggap agama lain,suku,ras atau golongan lain bersalah pada ulama harus mendekati dan menasehati dengan baik dan sampaikan akan sebuah kebesaran tuhan yang bisa di rasakan dan bisa merobahkan kehidupannya.

Tak pantas seorang ulama mengajarkan pada umat menganggap ajarannya yang paling benar dan yang lain salah.Benar dan tidaknya ajaran itu allah yang menilai bukan manusianya.Walaupun ajaran itu baik kalau cara mengerjakannya keliru dalam pandangan umum menjadi tidak baik.Sadar diri dan berbenah kearah yang lebih baik

                       Tak Pernah Bercermin

Komentar

Tak Pernah Bercermin

Satu Orang Ingin Menantang Lima Ustadz Dan Dua Ustadzah

Imam Besar Umat Muslim

Pembodohan Atau Kebodohan